Mengatasi Noise/Dengung/Desis pada Microphone Laptop/PC

[ads1]

Pada hari Jum’at (24/05/15), saat palingpopuler.info sedang mencoba untuk melakukan test rekam suara melalui laptop, ternyata ada suara Noise alias Dengung alias Desis yang muncul dan sangat mengganggu hasil rekaman.

Kebetulan kami menggunakan USB Soundcard, karena speaker di laptop suaranya pecah dan kurang enak untuk mendengarkan musik. Sehingga kami membeli USB Soundcard seharga 45 ribu dengan harapan hasil suaranya akan bagus dan tidak pecah lagi. Dan ternyata memang sesuai harapan, suaranya halus, bass dan trebble-nya juga cocok.

USB Soundcard
USB Soundcard

Namun, ternyata saat kami mencoba test rekam suara dengan menggunakan headset yang ada microphone-nya, hasilnya kurang memuaskan. Bahkan bisa dibilang jelek sekali karena ada suara desis atau dengung cukup keras yang tidak kami harapkan keberadaannya.

[ads2]

Mengatasi Noise/Dengung/Desis pada Microphone Laptop/PC

Awalnya kami menduga bermasalah pada software dan kami pun mencoba untuk menyetel bagian Recording Device, namun ternyata tidak berhasil dan suara yang mengganggu tetap muncul. Kami cek USB Soundcard juga kelihatannya tidak bermasalah.

Akhirnya kami mencoba menggunakan sistem grounding seperti yang biasa diterapkan pada Pre-Amp yang bermasalah di perangkat Sound System.

Sekedar informasi saja, maksud dari grounding atau pertanahan adalah aliran listrik langsung dari listrik PLN menuju ke bumi atau hubungan listrik secara langsung ke tanah. Secara umum fungsinya ada 3, yaitu :

1. Untuk keselamatan, misalnya kabel yang terpasang pada body setrika listrik bisa mencegah kita terkena sengatan listrik pada saat terjadi kebocoran arus listrik.

2. Sebagai penangkal petir.

3. Sebagai pelindung peralatan elektronik, sehingga bisa mencegah kerusakan karena adanya kebocoran tegangan.

Selain fungsi di atas, ternyata grounding juga bisa mengatasi masalah Noise / Dengung / Desis pada microphone yang bermasalah pada hardware. Dan pengalaman kami, dengan sistem grounding ini dan juga dengan melepas Charger laptop ternyata bisa mengurangi suara yang mengganggu kira-kira mencapai 60%. Sekalipun tidak menghilangkan 100%, namun sudah cukup bersih suara yang dihasilkan.

Untuk lebih jelasnya, simak baik-baik cara berikut ini :

1. Lepaskan Charger Laptop dan gunakan Battery saja.

2. Buatlah sistem Grounding. Caranya : pasang kabel (panjang sekitar 2m atau secukupnya) dari besi bagian luar USB Soundcard (ground laptop) ke paku yang di tanam di lantai (ground tanah).

Besi USB Soundcard untuk Ground
Besi USB Soundcard sebagai Ground Laptop

3. Pemasangan paku semakin dalam semakin bagus, bahkan jika bisa tembus ke bagian tanah maka akan lebih bagus lagi.

Skema Grounding Microphone Laptop / PC
Skema Grounding Microphone Laptop / PC

4. Jika tidak bisa atau susah untuk memasang kabel pada paku di lantai, tubuh Anda juga bisa sebagai grounding. Yaitu cukup memegang ujung kabel yang telah tersambung ke besi USB Soundcard.

Demikian tips dan trik cara Mengatasi Noise/Dengung/Desis pada Microphone Laptop/PC, semoga cukup jelas dan membantu menyelesaikan persoalan yang Anda hadapi terkait dengan microphone pada Laptop Anda.

Cara ini berdasarkan pengalaman kami, dan bisa jadi berbeda dengan pengalaman Anda termasuk cara penyelesaiannya pun tentu berbeda-beda pula. Oleh karena itu, silakan untuk berbagi pengalaman Anda melalui komentar di bawah ini.

Gallery for Mengatasi Noise/Dengung/Desis pada Microphone Laptop/PC

15 thoughts on “Mengatasi Noise/Dengung/Desis pada Microphone Laptop/PC

  1. Saya juga mempunyai masalah yang sama pada laptop saya. Namun tanpa kabel juga, hanya menyentuhkan tangan saya ke badan laptop saja, suara dengungnya berkurang (dengan kata lain, sama seperti solusi no. 4 yang disebut).

    Saya ingin tanya (maaf tidak mahir mengenai topik ini)… sebenarnya dengan menggunakan badan kita sebagai grounding, apakah aman/baik untuk kesehatan? Misalnya, saya sering menggunakan mic saya untuk mengobrol selama berjam-jam dan untuk mengurangi suarangan dengungan itu juga, selama itu saya terus menggunakan bada saya sebagai grounding.

  2. Maaf, mbak Mel. Saya juga bukan pakar kesehatan, tapi secara logika, voltase dan daya yang dikeluarkan oleh mic kan menggunakan arus listrik lemah, jadi menurut ane tidak masalah.

    Asal jangan sampai terjadi kebocoran arus listrik kuat, bisa2 kesetrum… 🙂

  3. Terima kasih atas balasannya yang cepat! 🙂

    Mungkin dengan grounding ke tanah lebih bagus dan tidak usah repot-repot terus memegang kabel atau terus megang laptopnya ya ^_^; untuk situasi saya, mungkin masalah saya bukan cuma di USB audio, tapi seluruh laptop saya ada masalah grounding. Kalau nyentuh bagian logam laptop, saya juga kena reaksi statik. Mungkin voltasenya sedikit lebih tinggi.

    Kalau tidak bisa buat grounding ke tanah (lantai saya lantai keramik dan letaknya di lantai 2), apakah masang pakunya di dinding juga bisa?

  4. Kalo ke dinding saya memang belum pernah coba, mbak. Tapi tergantung kelembabannya, semakin lembab semakin kuat induksi ke tanah.

    Tapi kalo posisi di lantai 2 kayaknya agak susah. Kalopun bisa, mungkin tidak terlalu kuat pengaruhnya.

  5. Wow, thanks gan! Aku uda cari-cari cara untuk grounding. Mic USBku juga bikin suara dengungan. Tapi aku tinggal di apartemen lantai 5, kalo mau nancap ke tanah gak memungkinkan. Kalo misalnya ambil pot tanaman dijadikan tempat grounding bisa gak yah? 😀 Penasaran, abisnya itu juga tanah kan??

  6. Wah, kalo ke pot tanaman ane gak jamin gan. Soalnya yang diperlukan kayaknya aliran ke bumi. Tapi kalo mau di coba ya silakan.

    Kalo saran ane sih groundnya dipegang pake tangan aja, gan.

  7. Yang point 4 grounding ke tubuh.. hahahahaa… sy kira di tancap di kepala kyk nyi kunti hahahahaaaa.. Info yang sangat bermanfaat boss. Terimakasih.

  8. terima kasih infonya gan,
    yang mau saya tanyakan, saat laptop saya play video, otomatis disambungkan ke mixer audio (menggunakan kabel audio) dan ke proyektor (menggunakan kabel VGA) suara yg dihasilkan pasti dengung kenceng banget.Tapi kalau kabel VGA dicabut suara dengungnya hilang. Padahal kebutuhannya bisa mengeluarkan suara dan gambar. Terima kasih sebelumya,semoga agan bisa membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.